Sunday , August 1 2021
Upgrade Prosesor Laptop

Cara Upgrade Prosesor Laptop Dengan Mudah

Topglobal1.com, Upgrade Prosesor Laptop- Hello, kembali lagi hadir dengan informasi-informasi menarik seputar laptop. Kali ini informasi apa sih? Nah kali ini akan ada informasi menarik mengenai laptop yakni prosesor yang mendukung kinerja dari suatu laptop.

Apa sih prosesor laptop itu? Yap benar sekali, prosesor laptop itu merupakan salah satu perangkat dari suatu laptop yang juga sering kita kenal dengan sebutan CPU laptop. Prosesor laptop ini adalah otak dari semua pemrosesan yang dapat terjadi pada suatu laptop. Besarnya fungsi dari prosesor laptop ini, mampu membuat setiap pengguna laptop melakukan upgrade prosesor laptop sehingga bisa memiliki prosesor laptop yang lebih kuat dari prosesor laptop sebelumnya.

Baca Juga: Engsel Laptop, Berikut Cara Mengenali Kerusakan Dan Solusi!

Proses upgrade prosesor laptop ini bisa dilakukan, namun hal ini tidak juga sangat dianjurkan. Upgrade prosesor laptop ini bisa sobat lakukan asalkan prosedur dan ketentuan sesuai dengan aturan yang dianjurkan oleh para ahli di bidangnya.

Sebelum melakukan upgrade prosesor laptop, ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan agar dapat membantu kelancaran dalam proses upgrade prosesor laptop. Berikut beberapa ulasan terkait prosesor laptop.

Baca Juga :  5 Game Ikan Di Laptop Populer

Untuk mengganti prosesor laptop, sobat tidak bisa asal-asalan dan langsung mengganti prosesor secara sembarangan seperti mengganti prosesor PC. Jangan sampai tujuan kita untuk upgrade prosesor laptop, namun malah membuat masalah baru sehingga memberikan kerusakan pada laptop yang kita miliki. Maka dari itu, perlu kita ketahui jenis prosesor yang bisa diganti dan prosesor mana yang tidak bisa diganti.

Baca Juga: CARA UPGRADE RAM LAPTOP SUPER MUDAH

upgrade prosesor laptop bisa dilakukan asalkan sobat mengetahui socket prosesor dan jenis pemasangan dari jenis prosesor laptop yang kita miliki. Jika socket prosesor yang di ganti sama dan prosesor laptopnya tidak dipasang secara permanen, maka prosesor laptop tersebut pastinya dapat sobat upgrade.

Jika prosesor laptop yang sobat miliki dipasang secara permanen, maka upgrade prosesor laptop ini tidak bisa dilakukan. Hal ini jika dipaksakan maka akan memberikan dampak buruk terhadap laptop yang sobat miliki sehingga laptop tersebut menjadi rusak. Ini artinya sobat melakukan pencabutan prosesor laptop yang sobat miliki secara paksa.

Baca Juga :  Daftar Service Center Laptop Hp Di Indonesia

Hal perlu sobat ketahui dan sangat penting sekali adalah upgrade prosesor laptop ini tidaklah semudah memperbaiki engsel laptop. Hal ini disebabkan karena adanya penyesuaian hardware serta motherboard supaya tetap kompatibel.

Baca Juga: Daftar Service Center Laptop Hp Di Indonesia

Namun, sobat tidak perlu khawatir. Jika sobat tidak bisa melakukannya sendiri, maka sobat dapat menggunakan jasa service laptop untuk upgrade prosesor laptop yang ahli mengatasi masalah tersebut di toko komputer terdekat.

Perlu sobat ingat, bahwa jika sobat menginginkan prosesor yang kuat dan handal, tidak menjadi masalah kalau sobat lebih membeli laptop gaming dengan harga murah yang dijamin nggak murahan dan  memiliki prosesor dengan tenaga yang lebih handal ketimbang sobat harus mengganti prosesor atau CPU.

Hal ini disebabkan karena pemasangan prosesor terbaru dari proses upgrade prosesor laptop ini juga tidak akan memberikan kinerja prosesor yang sebaik diharapkan.

Baca Juga: Daftar Service Laptop Di Surabaya

Adapun cara upgrade prosesor laptop ini sebagai berikut.

  1. Lakukan pengecekan pada socket prosesor yang dapat dilakukan dengan cara membuka casing dan melepas heatsink/pendingin laptop. Seperti yang disampaikan diatas, carilah informasi-informasi terkait socket prosesor laptop seperti ukurannya dan apakah prosesor tersebut bisa di upgrade atau tidak
  2. Carilah prosesor yang sesuai sehingga dapat dilakukan proses upgrade prosesor laptop.
  3. Setelah itu, lakukan update BIOS tujuannya agar prosesor yang baru dapat dikenali karena seperti yang kita tahu bahwa BIOS ini memiliki fungsisebagai penyimpan informasi dari hardware. Selain itu, juga dapat meningkatkan kinerja dari BIOS itu sendiri.
  4. Lakukan pembersihan socket dari debu-debu yang menempel.
  5. Siapkan thermalpaste yang bertujuan untuk proses pembuangan panas dari prosesor ke heatsink.
  6. Lakukan penggantian prosesor dengan membuka casing dan ambil prosesor yang terpasang. Setelah itu pasang prosesor baru dan kunci socketnya. Langkah selanjutnya pasang kembali casing dan jangan lupa lakukan dengan sikap yang hati-hati.
  7. Lakukan Install sistem operasi yang bertujuan untuk mendeteksi prosesor baru tersebut dapat berfungsi dengan optimal atau tidak.
Baca Juga :  Daftar Service Laptop Di Surabaya

Baca Juga: Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo Dengan Mudah

Demikianlah informasi terkait hal-hal yang perlu diperhatikan dan cara upgrade prosesor laptop. Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *