Tuesday , October 19 2021
Engsel Laptop

Engsel Laptop, Berikut Cara Mengenali Kerusakan Dan Solusi!

Topglobal1.com, Engsel Laptop- Kali ini kembali hadir dengan informasi yang berkaitan dengan Laptop. Pastinya sobat mengenal sekali apa itu laptop. Yap benar sekali laptop itu merupakan salah satu alat elektronik lipat yang didesain sedemikian rupa, baik itu ukurannya yang kecil sampai multifungsi yang memberikan berbagai kemudahan. Meskipun begitu, laptop ini sangat rentan rusak apalagi bagian luar dari laptop seperti bagian engsel laptop.

Engsel Laptop

Engsel laptop ini termasuk salah satu bagian dari laptop yang berfungsi ketika laptop dibuka dan ditutup. Terkhusus untuk pengguna yang terlalu sering beraktivitas menggunakan laptop buka- tutup, maka akan menyebabkan laptop yang dimiliki bekerja secara paksa dan memungkinkan akan menyebabkan engsel  menjadi rusak atau patah. Selain terlalu sering melakukan aktivitas buka- tutup pada laptop, penyebab lain terhadap rusaknya engsel bisa juga dipicu karena laptop tersebut jatuh ataupun tertekan dengan keras saat membuka atau menutupnya.

Baca Juga: CARA UPGRADE RAM LAPTOP SUPER MUDAH

Cara penggunaan laptop sangat perlu diperhatikan agar laptop yang sering kita gunakan dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika diperlukan lakukan juga pengecekan secara berkala, sehingga setiap masalah yang di alami laptop kita bisa diatasi dengan cepat dan tepat.

Baca Juga :  Cara Upgrade Prosesor Laptop Dengan Mudah

Bagaimana sih cara mengenali kerusakan engsel laptop dan cara mengatasinya? Yuk simak informasi berikut ini.

WhatsApp Image 2021 07 01 at 15.02.27

  1. Dudukan Engsel

Hal yang perlu sobat ketahui terlebih dahulu adalah dudukan engsel. Dudukan engsel ini merupakan tempat baut dari casing laptop. Apabila dudukan engsel pada laptop sobat mengalami kerusakan maka hal yang perlu dilakukan adalah dengan membuat dudukan penggantinya.

Perlu sobat ingat bahwa apabila dudukan engsel laptop yang dimiliki masih bisa digunakan, maka sobat hanya perlu menggunakan lem untuk memperbaiki dudukannya seperti sediakala.

Baca Juga: Daftar Service Center Laptop Hp Di Indonesia

Penggunaan lem untuk dudukan engsel ini diusahakan adalah lem yang kuat seperti lem khusus plastik atau bisa juga digunakan las plastik yang dapat menguatkan engsel  yang akan diperbaiki sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama. Namun, apabila dudukan engsel tersebut sudah tidak ada ataupun rusak dan tidak bisa di lem saja, maka hal yang perlu sobat lakukan adalah dengan membutakan dudukan yang bertujuan untuk menempatkan baut engsel pada casing laptop.

  1. Engsel
Baca Juga :  Cara Download Lightroom Di Laptop Dengan Mudah

Nah, jika yang rusak itu ternyata engsel dari laptop itu sendiri, maka hal yang perlu sobat lakukan adalah sobat cukup mengganti engsel laptop yang rusak. Untuk mengganti engsel laptop yang rusak ini, sobat perlu menggantinya dengan engsel yang mempunyai tipe sama seperti tipe engsel sebelumnya.

Untuk mengganti engsel yang rusak ini sangat mudah sekali dan tidak perlu susah payah untuk menggantinya serta sobat tidak perlu menyewa jasa untuk service engsel. Sobat cukup membeli saja engsel yang memiliki tipe sama seperti tipe engsel sebelumnya dan sobat pastinya bisa langsung mengganti engsel yang rusak dengan engsel laptop yang baru. Hal ini tentunya akan kembali memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk menjalani rutinitas seperti biasanya.

Baca Juga: Daftar Service Laptop Di Surabaya

Baca Juga :  Laptop HP Elitebook 840 g1, Spesifikasi Lengkap Dan Harga

Perbaikan engsel laptop ini tidak perlu mengeluarkan budget dengan harga yang mahal, tetapi sobat cukup mengeluarkan biaya dengan harga berkisar Rp 200.000,- hingga Rp 500.000,- saja. Selain itu, sobat juga bisa mendapatkan engsel laptop ini dengan harga yang pastinya lebih murah yaitu dengan membeli engsel laptop bekas yang memiliki harga lebih murah dan pastinya nggak murahan. Engsel laptop ini bisa sobat peroleh di berbagai service laptop yang ada disekitar rumah sobat.

Demikianlah informasi terkait hal yang perlu sobat kenali untuk engsel laptop yang rusak dan bagaimana cara mengatasi engsel laptop yang rusak tersebut. Perlu sobat ingat juga bahwa sobat harus melakukan perbaikan pada bagian-bagian laptop yang rusak dengan teliti agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya pada laptop yang sobat miliki.

Baca Juga: Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop Lenovo Dengan Mudah

Jika sobat tidak pernah memperbaikinya sendiri lebih baik serahkan pada service center laptop/jasa perbaikan laptop. Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk sobat literasi semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *