Monday , September 20 2021
aplikasi intercom motor

4 Aplikasi Intercom Motor Terbaik untuk Android

Aplikasi Intercom Motor- Pernahkah kalian merasa kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang yang kalian bonceng saat sedang mengendarai motor, dimana kita harus sedikit berteriak dan menoleh kebelakang agar suara di dengar oleh orang yang kita bonceng. Berbekal dari pengalaman tersebut, kami memutuskan mencari cara agar bisa berkomunikasi dengan orang yang akan kita bonceng dalam melakukan perjalanan saat mengendarai motor, sedangkan dalam perjalanan kita juga tetap bisa memperhatikan jalan di depan tanpa harus menoleh kebelakang. Akhirnya perhatian kami tertuju pada sebuah aplikasi intercom motor.

Dengan aplikasi intercom motor kita bisa berkomunikasi dengan pengendara lain atau orang yang  kita tumpangi tanpa menoleh kebelakang.

Dari beberapa rider juga sering menggunakan aplikasi intercom motor dalam sebuah club motor untuk bisa tetap saling berkomunikasi dengan rider lainnya. Dalam koordinasi sebuah acara tentunya membutuhkan alat untuk komunikasi antar person. Misalnya saja dalam video shoting live event membutuhkan sarana komunikasi antara kameramen dan crew yang memegang mixer. Untuk komunikasi bisa memakai walkie talkie atau interkom, namun jika tidak punya maka bisa memakai interkom model baru yaitu interkom lewat ponsel android. Tidak perlu pulsa atau koneksi internet, hanya butuh jaringan wifi saja.

Baca Juga: Box Motor Second Cuma 20 Ribuan Yukk, Cek di Sini

Aplikasi intercom motor merupakan kepanjangan dari intercommunication device atau peralatan komunikasi internal melalui aplikasi yang di gunakan oleh pengendara sepeda motor. Aplikasi intercom motor adalah sebuah sistem komunikasi elektronik yang ditujukan untuk pembicaraan, pengumuman, atau proses komunikasi yang terbatas.  Interkom sering disebut juga interphone atau intertelepon. Aplikasi intercom motor akan tersambung melalui kabel yang disebut kabel Beudrat.

Kabel ini berfungsi untuk menyalurkan suara dari pesawat interkom yang satu ke pesawat interkom lainnya. Interkom bisa digabungkan dengan alat komunikasi lainnya seperti telepon, telepon genggam, Walkie-Talkie atau sejenis alat yang sistemnya serupa. Interkom juga dapat berupa perpaduan antara mikrofon, dan sebuah alat pengawas. Orang-orang yang bekerja langsung di lapangan biasanya menggunakan alat untuk berkomuniksai satu dengan yang lainnya. Alat ini dikenal dengan nama Handy Talkie (HT) yang didalamnya terdapat interkom. Nah kami akan memberitahu kalian aplikasi intercom motor terbaik yang cocok buat android kalian. Untuk lebih jelas nya kalian simak di bawah ini ya.

Baca Juga :  Alat Pengirit atau Penghemat Bbm Motor Harga Mulai 20 Ribuan

Baca Juga: 5 Manfaat Rompi motor respiro dan cara pemesanannya

Daftar  aplikasi intercom motor terbaik untuk android.

  1. Intercom for Android

Kalian bisa download aplikasi intercom motor di play store secara gratis, kalian cukup modal kuota saja, ukuran nya 4.8 mb, masih bisa lah walaupun hp masih kentang.

  1. Walkie talkie app`

Ini salah satu aplikasi aplikasi intercom motor yang kalian gunakan melalui android, cara nya cukup gampang kalian cukup download di playstore. Dan ukuraan 5.7 Mb. Aplikasi Ini telah di download lebih dari 50 ribu pengguna. Kalian bisa mengobrol tanpa menoleh ke belakng dan bisa fokus dalam berkendara.

  1. Helmchat

Aplikasi intercom motor yang paling keren buat kalian pengendara motor yaitu helm chat, berukuran hanya 11 Mb kalian sudah bisa menggunakan aplikasi intercom motor yang ini dan juga gratis lo guys.

  1. Discord

Aplikasi intercom motor ini bisa diunduh secara gratis di smartphone berbasis Android dan iOS. Sejatinya, Discord dibuat untuk komunikasi dalam bermain video game, tapi bisa berguna saat touring. Aplikasi untuk touring ini menggunakan jaringan Internet, sehingga tidak terbatas oleh jarak. Jadi kita akan lancar dalam berkendara tanpa harus menoleh ke belakang saat berkendara.

Baca Juga :  High Torque Electric Motor Bisa Digunakan Untuk Rumah Tangga

Nah, itulah beberapa aplikasi intercom motor keren untuk android yang bisa kalian gunakan, dengan ukuran yang tidak terlalu besar kalian sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut. Selanjutya kami akan membahas cara pemasangan nya biar kalian tidak gagal paham, kalian hanya membutuhkan 3 hal.  Pertama smartphone Android, kedua earset bawaan dan yang terakhir kuota. Kami akan jelaskan aplikasi intercom motor untuk android, yuk di simak baik- baik.

Baca Juga: Harga Oli Murah di Distributor Oli Motor… Yuk Di Ceekkk

Fitur – fitur aplikasi intercom motor

  • Tidak membutuhkan koneksi internet.
  • Koneksinya ada dua, wifi dan bluetooth.
  • Ringan, cepat dan lincah.
  • PTT, pust to talk. Fitur ini mirip dengan HT yang mana kita harus ngomong secara bergantian dengan cara menekan tombol dulu. Bisa untuk nostalgia bagi penggemar radio amatir.
  • Mudah terkoneksi dengan perangkat yang lain. Iya, pengaturannya mudah.
  • Bisa ngobrol persis seperti orang lagi bertelepon. Berkebalikan dengan PTT.
  • Ada loudspeaker.

Kami akan memberikan cara mengaktifkan salah satu aplikasi intercom motor, kita pilih saja salah satu nya yaitu “intercom for android”  sebagai contoh, kalian perhatikan baik-baik ya. Buat yang penasaran, kalian bisa install lewat google play store namanya intercom for android . Ukurannya kecil aja cuma 4,8 Mb.

Cara mengaktifkan aplikasi intercom motor di hp android

  1. Instal salah satu aplikasi intercom motor (intercom for android )
  2. Habis install kita diminta untuk mengizinkan aplikasi untuk merekam audio dan melakukan mengelola panggilan telepon. Pilih izinkan.
  3. Kemudian akan muncul panduan dasar, di skip aja
  4. Agar perangkat bisa saling terhubung, klik gambar kompas yang ada di halaman awal. Kemudian pilih menggunakan jaringan Bluetooth atau WiFi.
  5. Kalau kalian klik WiFi maka bakal muncul pilihan, mau pakai jaringan WiFi atau Hotspot WiFi. Semua device yang terhubung dalam jaringan yang sama namanya akan muncil di layar, Sekarang kalian sudah bisa mengobrol dengan teman atau boncengan kalian sambil tetap fokus motoran.
  6. Jangan lupa di aplikasi ini kalian bisa atur mau push to talk (PTT) atau otomatis deteksi suara. Saran kami sih lebih bagus distel otomatis deteksi suara nya biar praktis jadi kalian nggak perlu ribet nekan-nekan tombol. Caranya klik tombol lingkaran titik hitam 3 garis pada menu untuk berganti mode dari ptt ke mode deteksi suara. Disampingnya ada tombol icon speaker, fungsinya untuk memilih mau mendengarkan suara dari speaker hp atau dari handsfree. Karena kita pake handsfree jadi kita matiin aja speakernya. Kemudian disampingnya lagi ada icon lonceng untuk efek suara.
Baca Juga :  5 Manfaat Rompi motor respiro dan cara pemesanannya

Baca Juga: High Torque Motor, Berikut Motor Negeri +62 Yang Menggunakannya!

Nah itu lah cara mengaktifkan aplikasi intercom motor pada android kalian. Untuk mengatasi suara angin yang menderu ketika kalian sedang berkendara, kalian bisa dengan menutupi mic dengan busa atau apalah agar tidak terlalu peka penerimaannya. Kadang kala menggunakan earphone bawaan tidak begitu nyaman ketika dimasukkan kedalam helm, serasa ada yang ganjel. Bisa membuat sakit dalam jangka waktu lama. Apalagi jika earset nya murahan pasti cepat membuat linu lubang telinga.

Solusinya kalian dapat membeli earset yang khusus untuk helm. Harganya mungkin lebih dari 100. Jika (lagi) kabelnya tidak cukup panjang sampai ketelinga. Kalian bisa membeli perpanjangannya di toko elektronik atau aksesoris handphone. Murah kok, Rp30.000 sampai Rp50.000 udah mendapatkan kualitas bagus. Kalain bisa cek di toko – toko online, biasanya harga yang di tawarkan bervarian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *