Monday , September 20 2021
High Torque Electric Motor

High Torque Electric Motor Bisa Digunakan Untuk Rumah Tangga

Topglobal1.com, High torque electric motor- adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Alat yang berfungsi sebalik nya, mengubah energi mekanik menjadi energi listrik disebut generator atau dinamo. Dapat ditemukan pada peralatan rumah tangga seperti kipas angin, mesin cuci, pompa air dan penyedot debu. Untuk kekuatan arus nya  bevariasi ada ukuran 240 V, ada ukuran  210 V dan ada ukuran  12 V.

Pada dasarnya dapat dibedakan berdasarkan jenis sumber tegangan yang digunakan. Berdasarkan jenis sumber tegangan nya High torque electric motor dibedakan menjadi 2 jenis yaitu High torque electric motor arus searah DC (Direct Current) dan High torque electric motor bolak-balik AC (Alternating Current).

Baca Juga: Harga Lazada Lampu Led Motor + Kelebihan dan Kekurangan nya

Dari 2 jenis tersebut terdapat beberapa jenis atau tipe High torque electric motor  yang diklasifikasikan berdasarkan konstruksi, prinsip kerja, dan operasinya. Berdasarkan jenis-jenis High torque electric motor  tersebut dapat dibuat peta konsep klasifikasi yang High torque electric motor  sebagai berikut.

Jenis High torque electric motor :

1. High torque electric motor arus Bolak-Balik AC

High torque electric motor  arus bolak-balik adalah salah satu jenis   yang di suplai oleh sumber tegangan arus listrik bolak balik (AC). Jenis ini ada yang High torque electric motor 12, High torque electric motor V contoh barang nya High torque electric motor  arus bolak-balik (AC) tersebut dapat dibedakan lagi jenis-jenisnya sebagai berikut.

Baca Juga: High Torque Motor, Berikut Motor Negeri +62 Yang Menggunakannya!

Baca Juga :  Harga Oli Murah di Distributor Oli Motor... Yuk Di Ceekkk

a). Motor sinkron

Motor sinkron adalah salah satu jenis  arus bolak balik (AC) yang bekerja pada kecepatan tetap dan konstan pada sistem frekuensi tertentu. Motor ini memerlukan arus listrik searah (DC) sebagai pembangkit daya dan memiliki torsi awal yang cukup rendah, oleh karena itu motor sinkron ini digunakan untuk penggunaan awal dengan beban yang rendah, seperti kompresor udara, generator motor, dan perubahan frekwensi. Jenis ini memiliki kelebihan untuk memperbaiki faktor daya dalam sistem, sehingga motor listrik jenis ini biasa digunakan pada sistem yang memakai banyak arus listrik.

b). Motor induksi

Motor induksi merupakan salah satu jenis  arus  bolak balik (AC) yang bekerja berdasarkan prinsip kerja induksi medan magnet antara stator dan rotor.  Stator Merupakan bagian yang diam dan mempunyai kumparan yang dapat menginduksikan medan elektromagnetik kepada kumparan rotornya. Rotor Merupakan bagian yang bergerak akibat adanya induksi magnet dari kumparan stator yang diinduksikan kepada kumparan rotor. Motor induksi dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu :

  • Motor induksi satu fase

Motor induksi jenis ini hanya memiliki satu gulungan pada stator, beroperasi dengan pasokan daya satu fase serta memiliki rotor kandang tupai dan memerlukan sebuah komponen tambahan untuk menghidupkan motornya. Jenis ini merupakan jenis motor induksi yang paling umum digunakan dalam peralatan rumah tangga, seperti mesin cuci, kipas angin dan pengering. Biasa nya high motor yang di gunakan untuk peralatan seperti ini.

Baca Juga:  9+ Jenis Lazada Spare Part Motor Honda, Berikut Harga Lengkap!

  • Motor induksi tiga fase

Medan magnet pada rotor yang berputar dihasilkan oleh suplai tegangan tiga fasa yang seimbang. Jenis tersebut memiliki kemampuan daya yang cukup tinggi, dan memiliki kandang tupai ataupun gulungan rotor (walaupun 90% memiliki rotor kandang tupai) dengan penyalaan sendiri.

Baca Juga :  8 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik dan Berikut Harga di Lazada

Diperkirakan kurang lebih dari sekitar 70% motor yang digunakan pada industri menggunakan  jenis ini, sebagai contoh kopressor, pompa, jaringan listrik, belt conveyor dan grinder. Dengan kemampuan daya 1/3 hingga mencapai ratusan Hp. Untuk peralatan yang besar high motor electric yang di gunakan yang besar pula torsi nya.

2. High torque electric motor Arus Searah DC

High torque electric motor  arus searah (DC) adalah salah satu jenis  yang beroperasi dengan menggunakan sumber tegangan arus listrik searah (DC). Fungsi utama motor DC adalah sebagai Aktuator (penggerak). Motor DC mengubah gaya arus listrik menjadi gerakan mekanis. Peralatan yang membutuhkan energi gerak banyak yang menggunakan motor DC diantaranya :

  • Penggerak Roda pada mobil listrik
  • Kipas pendingin Komputer atau laptop
  • Lengan Robot
  • Vibrator getar pada smartphone
  • Konveyor
  • Bor listrik portable
  • Pompa air
  • Ventilator kesehatan
  • dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Lazada Stiker Motor Dan Jenis-Jenis Stiker Motor

High motor torque dc tergantung rpm nya, semakin tinggi rpm nya akan semakin tinggi juga power nya dan apabila High torque electric motor low Rpm, maka akan rendah pula powernya. High torque electric motor  arus listrik searah (DC) ini dapat dibedakan lagi jenis-jenisnya sebagai berikut :

a). Motor DC sumber daya terpisah (Separately Excited)

Motor  DC sumber daya terpisah adalah salah satu jenis motor DC yang sumber arus listrik medan di suplai dari sumber yang terpisah, sehingga  jenis ini disebut High torque electric motor  DC sumber daya terpisah.

Baca Juga :  5 Manfaat Rompi motor respiro dan cara pemesanannya

b). Motor DC sumber daya sendiri (Self Excited)

Motor DC sumber daya sendiri dalah salah satu jenis motor DC yang sumber arus medannya disupply oleh sumber yang sama dengan sumber kumparan High torque electric motor, sehingga jenis ini disebut juga motor DC sumber daya sendiri.

Motor DC sumber daya sendiri ini dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan konfigurasi suplai medan dengan kumparan motornya yaitu sebagai berikut :

Baca Juga: 8 Rekomendasi Sarung Tangan Motor Terbaik dan Berikut Harga di Lazada

  1. Motor DC shunt (Paralel)

Jenis ini gulungan medan disambungkan secara paralel dengan gulungan pada High torque electric motor. Oleh karena itu jumlah arus listrik dalam jalur rangkaian merupakan penjumlahan antara arus listrik medan dan arus listrik dinamo.

  1. Motor DC Seri

Jenis ini, gulungan medan dihubungkan secara seri dengan gulungan pada kumparan motor. Oleh karena itu, arus dinamo yaitu sama dengan arus listrik medan.

Baca Juga: Daftar Harga Ban Motor Lazada Terbaru

  1. Motor DC Kompon (Gabungan)

Jenis kompon ini merupakan penggabugan antara motor jenis seri dan shunt. Pada motor DC kompon, gulungan medan dihubungkan secara seri dan paralel dengan gulungan High torque electric motor . Sehingga, pada motor DC kompon memiliki torsi awal yang cukup baik dengan kecepatan stabil.

Nah, itulah sepintas ulasan tentang High torque electric motor yang di gunakan dalam berumah tangga dan jenis- jenis nya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya.

Untuk mendapatkannya silahkan dapatkan ditoko online seperti lazada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *