Thursday , December 8 2022
Breaking News
Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

7 Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

Topglobal1.com, Ada 7 cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang bisa teman-teman coba. Kapasitor merupakan komponen kipas angin yang sering mengalami kerusakan.

Ketika terjadi kerusakan, maka kita harus melepas kapasitor yang lama dan mengganti yang baru. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara memasang kapasitor kipas angin.

Kapasitor kipas angin yang tidak berfungsi, dapat dilihat dari tanda-tanda seperti dibawah ini :

Kipas angin hanya berdengung ketika dihidupkan. Daun kipas harus dibantu dengan tangan agar dapat berputar.
Kipas angin tidak bisa hidup sama sekali atau gejala kipas angin yang lain.

Jika mesin kipas angin mengalami gejala-gejala seperti di atas, untuk memastikan sumber penyebabnya, periksalah kapasitor kipas angin dengan multitester. Yaitu dengan cara :

Setel multitester ke satuan ohm X1K. Tempelkan probe (kabel multitester) pada kedua terminal kapasitor (bebas bisa bolak-balik. Jika jarum multitester bergerak ke kanan dan kembali lagi ke 0,  maka kapasitor masih bagus. Tetapi jika tidak bergerak sama sekali atau bergerak ke kanan dan tidak kembali lagi, tandanya kapasitor rusak.

Setelah diukur dan ternyata kapasitor kipas angin rusak, maka gantilah kapasitor tersebut dengan ukuran yang sama. Bisa juga mengganti kapasitor dengan ukuran yang berbeda. Namun, akan berdampak pada mesin kipas angin.

Baca Juga :  Cara Memasang Kipas Angin dengan 3 Model

Kapasitor atau kondensator pada peralatan elektronik dirumah umumnya mudah rusak kapasitor tersebut biasanya ada pada peralatan elektronik yang menggunakan motor penggerak seperti dinamo.

Contoh mesin kulkas, mesin pompa air, mesin bor listrik jika ada, kipas angin dan lain sebagainya yang digolongkan dalam. Jika sudah begini, tentu saja penggantian kapasitor dengan yang baru menjadi solusinya.

Kapasitor pada kipas angin berfungsi sebagai starting up dan mengecilkan tahanan pada kumparan motor (dinamo)

Jika mengganti ukuran kapasitor yang lebih besar, maka putaran kipas menjadi lebih kencang namun dinamo akan cepat panas. Sedangkan jika mengganti kapasitor dengan ukuran yang lebih kecil, maka putaran kipas angin menjadi lambat.

Kapasitor banyak tersedia di toko elektronik yang ada di dekat rumah mu, tanyakan saja kepada penjaga toko nya, kapasitor untuk kipas angin. Lantas apa itu kapasitor dan apa fungsinya ?

Kapasitor adalah sebuah komponen kelistrikan yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Di dalam kipas angin kapasitor bertugas untuk memulai pertama kali putaran baling – baling kipas angin.

Baca Juga :  Rangkaian Kabel Kipas Angin Maspion Kotak

Sehingga kipas angin dapat berputar dengan baik, nah apabila kapasitor nya lemah atau sudah rusak maka kipas angin tidak akan bisa berputar.

Lantas bagaimana cara memasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar supaya kipas angin bisa normal kembali.

Sebelum memasang kapasitor pastikan kapasitor pengganti dan peralatan nya sudah tersedia sehingga memudahkan proses penggantian kapasitor kipas 3 kabel.

Untuk cara pemasangan kapasitor pada motor kapasitor yang benar adalah dengan dipasang secara paralel sehingga hambatannya kecil dan bisa dihitung kapasitor terbesar yang dihasilkan.

Sistem wiring dan warna kabel kapasitor tiap mesin motor listrik tidak sama, sehingga kita tidak bisa berpatokan pada warna kabel ketika memasang kapasitor ini. kamu pun bisa menyiapkan beberapa peralatan sederhana untuk perbaikan kipas angin, antara lain.

Potong kedua kabel yang terhubung pada kedua terminal kapasitor dan ambil kapasitornya. Untuk penjelasan lebih lengkap dengan langkah-langkahnya, hari ini akan mimin bagikan di sini.

Alat alat yang diperlukan Obeng , Pisau atau gunting, Isolasi khusus kabel listrik, biasanya yang warna hitam.

Baca Juga :  Diagram Gulungan Dinamo Kipas Angin Maspion 16 Alur

Berikut ini untuk Cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar:

  1. Pertama tama buka cover atau tutup kipas angin dengan melepas skrup nya menggunakan obeng yang telah disiapkan tadi.
  2. Potong kedua kabel dengan menggunakan pisau atau gunting yang terhubung dengan kedua terminal kapasitor dan ambil kapasitornya secara hati hati
  3. Pasang kapasitor baru dengan menghubungkan kabel yang telah dipotong sebelumnya.
  4. jangan lupa setelah selesai disambungkan bungkus kabel sambungan dengan menggunakan isolasi khusus listrik.
  5. pastikan sambungan kabel listrik terbungkus dengan sempurna dan tidak ada listrik yang bocor.
  6. Setelah selesai tutup kembali cover kipas angin dan jangan lupa kencangkan kembali scrub nya dengan menggunakan obeng.
  7. Coba menghidupkan kipas angin, apabila pemasangan kabel isolator nya benar maka kipas angin akan kembali berputar secara normal. Namun apabila kipas angin masih bermasalah silahkan bongkar kembali dan pastikan pemasangan terpasang dengan benar.

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel, semoga bermanfaat, mudah di pahami dan jangan lupa tungguin update artikel mimi yang keren lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.