Monday , May 16 2022
Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Kanan Kiri

8 Rekomendasi Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Kanan Kiri

Topglobal1.com, Cara memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri – Ada 8 cara yang mimin rekomendasikan jika kipas angin kamu  mengalami masalah serupa.

Cara Memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri merupakan hal yang sangat mudah dipahami. Kamu tidak perlu memanggil tukang untuk bisa reparasi, peralatan yang satu ini. Selain hemat waktu, memperbaiki kipas  angin yang tidak berputar sendiri juga dapat menghemat pengeluaran.

Apakah kamu pernah mengalami kipas angin kamu tidak bisa swing (menengok ke kanan-kiri), Kipas angin yang bisa berputar ke kanan dan kiri tentunya bisa membuat seseorang yang berada di sekitar kipas merasakan kesegaran dari kipas angin tersebut. 

Jika pernah maka kamu tak perlu khawatir karena kipas angin tersebut sebenarnya masih bisa diperbaiki dengan cukup mudah dan bahkan anda sendiri pun sebenarnya bisa memperbaikinya asalkan anda mau mempelajarinya.

Mengenai masalah kipas angin yang tidak bisa swing atau menengok kanan-kiri ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada gearbox yang berada di bagian belakang dinamo atau motor kipas angin.

Berdasarkan cara kerjanya gearbox kipas angin ini terdiri dari dua macam jenis yakni. Pembahasan mengenai kipas angin macet berputar pelan tidak bisa bolak balik dan kerusakan lainnya.

Langkah awal buka penutup belakang kipas lalu lepaskan gearbox nya copot hear yang panjang dan Jumlahnya bisa kamu hitung sendiri kemungkinan bagian depan dan belakangnya harus kamu ganti. 

Baca Juga :  7 Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

Kerusakan yang biasa terjadi pada kipas angin yang tidak bisa swing sangatlah beragam. Nah berikut ini penjelasan lengkap.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Tidak Berputar Kanan Kiri:

1.Lepas Kerangka Kipas Angin 

Cara Memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan kipas angin dan melepas kerangkanya. Kipas angin sendiri umumnya terdiri dari beberapa kerangka yakni pelindung kipas serta penutup bagian mesin atau dinamo pada bagian belakang.

Kamu perlu melepas kedua bagian tersebut agar bisa memperbaiki kipas angin.

2. Bagian leher yang patah

Intinya jika memang patah ganti ulang saja bagian leher tersebut dengan yang baru, biasanya pada toko elektronik khusus peralatan listrik akan menyediakan spare.

3. Lepasnya baut pada besi pengayuh

Jika kedua baut ini lepas maka pasang bautnya lagi dengan yang lebih kuat agar tidak lepas lagi, anda bisa mengganti dengan baut yang agak panjang apabila lubang baut sudah sedikit longgar.

Baca Juga :  Komponen Kipas Angin dan Fungsinya secara Detail

4. Cek Penutup Dinamo

Setelah melepas pelindung kipas dan dinamo, kamu perlu mengecek bagian dinamo karena disinilah mesin dan pemutar kipas angin bekerja.

Lakukan pengecekan ini secara hati-hati sebab ada beberapa bagian seperti stator dan as motor yang mudah rusak. Lakukan secara hati-hati, jangan sampai membuat gulungan/spul putus karena akibatnya bisa fatal.

5. Cari Bearing atau Bushing Kipas Angin

Umumnya, kerusakan kipas angin karena tidak berputar disebabkan karena bearing atau bushingnya sudah tidak bekerja secara maksimal. Kedua komponen ini berada pada bagian motor dinamo kipas.

cara memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri cek motor dinamo, apakah telah terjadi aus pada bearing atau bushing. Caranya dengan melihat menggunakan mata atau dengan memasukkan as motor ke bearing/bushing lalu goyang-goyang ke kanan dan ke kiri.

Jika longgar berarti bearing atau bushing sudah aus. Lepaskan bearing atau bushing lalu ganti dengan yang baru. Kemudian pasang kembali bearing atau bushing ke motor dinamo.

6. Membersihkan dari Debu dan Kotoran

Setelah memperbaiki bagian motor dinamo, bearing serta bushing, cara memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri sebaiknya kamu juga membersihkan seluruh bagian motor dinamo dari debu dan kotoran.

Baca Juga :  Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Debu dan kotoran yang menempel pada mesin kipas angin berpotensi merusak fungsi kipas angin dalam jangka pendek maupun panjang. Jadi pastikan kondisi kipas angin dalam keadaan bersih dan rapi.

7. Pasang Kembali Kipas Angin

Setelah bagian mesin sudah dibersihkan, cara memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri selanjutnya terlebih  dahulu berikan pelumas/oli/vaselin. Setelah itu pasang kembali semua kerangka dan komponen yang ada. 

Kamu wajib memasangkan pelindung kipas dan mesin pada bagian belakang agar kipas angin terlihat baru seperti sedia kala.

8. Lakukan Pengetesan

Cara Memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri selesai. Namun, ada hal yang mesti kamu perhatikan. Setelah semua bagian terpasang dengan benar, maka nyalakan kipas angin untuk pengetesan. Dijamin kipas langsung berputar kencang!

Nah agar terhindar dari masalah kipas angin yang tidak bisa berputar kiri kanan kamu harus Rajin membersihkan kipas angin.

Hindari pemakaian kipas angin yang kasar, Jangan sampai terkena air Sebab air bisa merusak bagian mesin, terutama pada bagian dinamo kipas angin. Dan pastikan kabel dalam kondisi baik dan Hindari pemakaian secara terus menerus

Demikianlah teman-teman pembahasan kita hari ini tentang cara memperbaiki kipas angin tidak berputar kanan kiri semoga mudah dipahami dan bermanfaat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.