Monday , May 16 2022
Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Berikut Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Topglobal1.com, Fungsi Kapasitor pada Kipas Angin – Kapasitor kipas angin adalah salah satu komponen berupa sparepart  sangat penting dalam sebuah kipas listrik, karena tanpa adanya komponen ini kipas tidak akan berfungsi.

Namun bagian-bagian lain dari kipas angin listrik juga tidak kalah penting, sebab karena dasarnya setiap komponen akan saling melengkapi dan berhubungan. Kemudian bagaimanakah fungsi kapasitor pada kipas angin

Perlu kamu ketahui, sebenarnya bahwa komponen kapasitor pada kipas angin adalah bagian yang sering mengalami kerusakan. Kemudian jika kapasitor mengalami kerusakan, maka  ditandai dengan gejala seperti kipas membutuhkan bantuan supaya mau berputar. Jika kerusakan terjadi otomatis fungsi kapasitor pada kipas angin akan tidak dapat berjalan sesuai dengan fungsi yang semestinya.

Baca Juga :  Cara Memasang Kipas Angin dengan 3 Model

Fungsi Kapasitor Pada Kipas Angin

Komponen kapasitor adalah sebuah rangkaian yang memiliki kegunaan yang sangat penting di dalam sebagian perangkat elektronika. Kemudian pada dasarnya hanya untuk menyimpan arus atau muatan listrik, akan tetapi pada prakteknya rangkaian circuit sangat banyak berguna.

Misalnya seperti pada perangkat elektronik seperti kipas, maka komponen kapasitor sudah berguna sebagai penyimpan arus untuk membantu proses start kipas angin.

Baca Juga :  1 HP Berapa PK? Ini Jawabannya...

Sebenarnya apa sih kapasitor itu? Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa semua motor listrik sudah membutuhkan daya atau torsi yang cukup besar untuk saat putaran awal kerja. Kemudian, kapasitor dalam hal ini dibutuhkan sebab dapat menyimpan arus listrik yang nantinya dapat digunakan untuk membantu menggerakkan motor listrik pada kumparan bantu atau starting winding..

Baca Juga :  1 HP BERAPA AMPERE? Ini Jawabannya..

Demikianlah ulasan mengenai fungsi kapasitor pada kipas angin. Semoga dengan artikel ini kamu akan terbantu untuk memahami fungsi kapasitor pada kipas angin lebih baik. Dan kamu juga dapat mengupgrade skill kamu dari pengetahuan fungsi kapasitor pada kipas angin.

Tetap stay pada artikel ini dan jangan lupa share artikel ini ke sahabat, teman, dan kerabat kamu. Nantikan ulasan lainnya pada laman ini agar ilmu kamu semakin upgrade. Terimakasih telah berkunjung dan SEE YAA!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.