Sunday , August 1 2021
Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Pentingnya Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Topglobal1.com, Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional– Lazimnya setiap tanggal 26 Juni akan diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Kegiatan HANI dilakukan setiap tahun untuk memperkuat aksi dan kerjasama secara global dan meningkatkan kesadarn masyarakat tentang bahaya narkotika.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Pentingnya Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional:

DownloadTwibbon Hari Anti Narkoba Internasional 2021, Download Gratis Di Sini

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional pada tahun 2021 ini disaat situasi dan kondisi pandemi Covid 19 yang melanda negeri ini. Banyak hal yang membuat aktivitas kita terhenti karena pandemi ini. Disaat kecemasan akan wabah ini, ancaman narkoba tidak pernah berhenti di negara kita.

Download: Poster Hari Anti Narkoba Internasional 2021

Meskipun demikian sebenarnya konteks penanggulan penyalahgunaan narkoba telah lama dilakukan jauh sebelum adanya pandemi Covid 19 ini.

Upaya pemerintah melalui Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam penanggulangan dan pencegahab pemakaian narkoba disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Salah satunya adalah upaya sosialisasi bahaya narkoba di tengah-tengah masyarakat secara langsung atau melalui mobil keliling untuk bersosialisasi.

Baca Juga: Sejarah Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional

Program ini dianggap aman untuk dilaksanakan sesuai dengan kondisi pendemi Covid 19 saat ini karena tidak pelru berinteraksi secara langsung. Kita tetap harus bekerja keras dan dituntut kreatif memperjatikan protokol kesehatan yang berlaku.

Baca Juga :  Event tiktok ML Gratis Skin di Tahun 2020

Ketidakpahaman masyarakat akan bahaya dan resiko narkoba dapat mennjadi seuah celah para bandar dalam memasarkan obat-obatan terlarang ini. Apalagi ditengah kesusahan ekonomi saat pandemi ini.

Download10+ Twibbon Euro 2020 Terbaik, Download Gratis Di Link Berikut Ini

Banyaknya masyarakat yang menjadi korban phk dapat diperdaya secara mudah untuk mengedarkan barang haram ini oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jangan sampai masyarakat terperangkap dengan jebakan ini.

Kita dapat menyadari bahwa penyuluhan dan informasi di masyarakat mengenai bahaya peredaran narkotika belumlam maksimal. Untuk itu kegiatan penyuluhan dan tindakan edukati harus direncanakan, diadakan dan dilaksanakan secara masif kepada masyarakat melalui media yang tepat.

Baca Juga: Link Live Streaming Lengkap Fase Grup EURO 2020

Kondisi Indonesia darurat narkoba yang mulai dibunyikan sejak tahun 2015 hingga kini masih relevan dan sulit untuk diputus rantai peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba. Situasi seperti ini malahan berkembang semakin kesini. Adanya inovasi penyelundupan narkotika sering kita temukan saat ini. Sungguh menyedihkan.

Faktor-fakor yang menyebabkan permasalahan terkait dengan kejahatan narkoba adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Link Live Streaming Final EURO 2020

WhatsApp Image 2021 06 19 at 22.38.01 1

  1. Kejahatan narkoba tanpa memandang bulu. Semua yang terlibat akan langsung dicebloskan ke penjara.
  2. Prevelensi penyalahgunaan trennya terus meningkat dari tahun ketahun.
  3. Penjara mayoritas dihuni oleh terpidana narkotika. Hingga mencapai kondisi overload yang mebuat aparat lapas tidak berdaya.
  4. Jumlah rehabilitas sangat terbatas.
  5. Adanaya salah kaprah dalam masyarakat dalam pemahaman penyalahgunaan dan tidak mampu membedakan dengan pengguna. Mereka banyak mengaggap bahwa kalau pelaku penyalahguna dituntut dan dihukum penjara.
Baca Juga :  Cara Chat WA Wik Wik Paling Ampuh

Kini penanggung jawab fungsi penegakan hukum dan pengemban fungsi rehabilirasi narkotika diminta mengambil langkah sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing diminta mengambil langkah sesuai dengan tugas pokok masing-masing agar lambat laun laju perkembanagn peredaran gelap narkotika dapat dikendalikan.

Baca Juga: Mola TV Tayangkan Laga Euro 2020 Secara Langsung, Harga Mulai 25 Ribu

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, yaitu adanya penegakan hukum yang mengintegrasikan upaya hukum dan upaya kesehatan terhadap penyalahgunaan agar tetap mendapatkan hukuman seklaigus menyembuhkan yaitu hukum rehabilitasi.

Hukum rehabilitasi memiliki fungsi untuk menyembukan penyalahgunaan dari sakit ketergantungan, selain ini juga dapat menurunkan prevalansi penyalahgunaan narkoba di Indonesia.

Baca Juga: 8 Daftar Pemain Yang Absen Di EURO 2020, Simak Berita Super Lengkap Disini

Dalam penanganan rehabilitasi ini diharapkan agar menyiapkan infrastruktur rehabilitasi agar dapat melayani para penyalahguna agar dapat sembuh dengan cara membangun sumber daya.

Baca Juga :  Wajib Tau! Harga Emas Hari Ini Jumat 10 Juni 2021 Turun Rp.3000,-

Kewaspadaan dan kekhawatiran terhadap permasalahn narkoba disebabkan adalah karena geografis yang terbuka menyebabkan narkoba mudah masuk dan menyebar di seluruh wilayah indonesia. Kerugian yang timbul akibat penyalahgunaan ini mencapau 84,7 triliyunan rupiah termasuk biaya privat dan sosial.

Baca Juga: Jadwal Fase Grup Euro 2020 Dan Link Live Streaming Sabtu, 19 Juni 2021 

Sindikat narkoba saat ini tidak hanya menyasar orang dewasa, mereka juga menyasar remaja, awalnya mereka akan membuat korban sebagai pengguna terlebih dahulu lalu selanjutnya mereka akan menjadi kurir atau bandar narkoba. Hal ini menandakan bahwa masyarakat itu sendiri dapat berpotensi menjadi bagian dari rantai bisnis narkoba mulai dari konsumsi, distribusi hingga produksi.

Diharapkan melalui Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tahun 2021 ditengah kondisi pandemik COVID 19 dapat menjadi pengingat kita semua bahwa batapa bahayanya penggunaan narkoba apalagi penegdarnya akan mendapatkan sanksi tegas langsung menuju jeruji besi.

Baca Juga: Jadwal Fase Grup Euro 2020 Dan Link Live Streaming  Minggu, 20 Juni 2021

Semoga tahun ini kita tetap sehat walaupun maish sedang menghadapi kondisi pandemi COVID 19 dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ada.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *